Saya ditangkap polisi?


Awalnya saya sendiri juga bingung siapa yang bikin isu saya ditangkap polisi?
Waktu itu saya kerja di sebuah perusahaan produksi kacamata dari tahun 1995-1998. Tiap hari sabtu saya kerja setengah hari. Sepulang dari kerjaan, saya langsung istirahat di kost tempat saya nginap. Belum begitu lama, tahu-tahu ada yang ngetok pintu kamar. Begitu saya buka, saya kaget tapi juga was-was. Saya kaget soalnya yang dateng ternyata temen kerja saya, yang lagi ada urusan sama polisi. Dia lagi ngejalanin masa tahanan. Was-was jangan-jangan dia diawasin sama polisi, dan berhubung dateng ke kost saya, khawatir nanti saya dibawa-bawa kasus juga. Karena saya ketakutan, saya langsung tanyain temen saya (dengan nada kurang bersahabat). Ini hanya kira-kira percakapan waktu . "Eh eluh, ngapain luh ke sini? Luh kan lagi kena kasus sama polisi. Jangan-jangan luh mau bawa-bawa saya lagi, nyeret saya sama kasus ini. Emang saya salah apaan?, saya ngga ada urusan ama eluh soal ini, kita masing-masing aja. Sory saya juga ngga bisa ngebantuin".

Bukannya ngejawab pertanyaan saya, dia malah ketawa-ketawa, ngeliat saya ketakutan. Kata dia, "Eh Bin, lo mah tenang aje, kaga usah dipikirin. Ini sale-sale gue, gue juga ngerti. Lo temen gue. Bedanye lo kaga bakalan mao kalo gue ajak yang kaga-kaga, termasuk urusan yang ini nih. Lo mah biase aje, ape adenye...Pokoknye tenang aje, ini masalah lo gue jaman aman, kaga ade yang boleh ngusik-usik lo....Justru gue kemari nih, emang sengaje mo ketemuan ame elo. Gue dapet informasi dari adik gue, si Juned, katenye elo ketangkep polisi. Di pabrik karyawan yang Shift 2 pada heboh rame-rame ngomongin elo ketangkep polisi, gue kan kaget. Gue nanya ame adik gue. Lah emang urusannye apaan Robin kebawa-bawa polisi? Die kan kaga ikut-ikutan, kok bisa kebawa? Wah kayenye ade yang kaga bener nih. Nah ntu tuh mangkenye gue ke sini, mastiin lo. Eh ternyata lo malah lagi tiduran di kos. Alhamdulillah gue lega' banget dah. Lo kaga' kenape-nape, masih di sini, syukurlah. Nih Bin gue ceritain nyang sebenernye nih. Tapi jangan bilang siape-siape. Ini cuman kite bedua aje. Nyang ketangkep polisi mah bukan cuman gue doang, banyak noh karyawan yang laen juge pade ketangkep. Ade kali kalo dua puluhan orang mah. Sama’, mereka juga pade nyolong dari tempat kerjanye bagian masing-masing. Ade anak bagian spare part, bagian las, bagian cetak, kaca mata plastik, kaca mata kuningan, silver, metal. Gue nyang paling tahu siape-siape nyang pade nyolong, gue kaga' mao Bin sendirian di sel, masa' mereka same-same nyolong masih bise bebas ke mane-mane, sementara gue disikse ame polisi. Gue kaga' terime, gue bocorin bilangin aje ame polisi siape-siape aje nyang kena' ini kasus, biar nemenin gue disel. Bareng-bareng ngerasain sakitnye di sel. Katenye ade karyawan nyang ketangkep tuh mukenye mirip banget ame lo, tau siape namenye gue kaga' kenal. Padahal mah gue kan kerja ke bagian mane aje gue samperin. Nah ntu die, dikire adik gue lo Bin. Sama adik gue dikasih tahu temen-temennye di pabrik. Ya jadi rame noh pade ngomongin lo. Tapi pokoknye elo mah aman Bin. Kalo ade ape-ape biar gue yang ngebelain. Gue jamin aman dah. Santai aje Bin, OK?".
"Hadeuuuh, alhamdulillah kalo gitu mah, kirain mao ngapain kemari. Kalo gitu makasih dah atas informasinya terutama pengertian luh. Cuman saya ngga bisa ngebantuin apa-apa. Ngga ngerti mesti gimana saya. Tapi saya cuman minta tolong luh kasih penjelasan tuh sama adik luh si Juned. Biar ngga jadi isu, ntar yang shift pagi pasti terima kabar dari shift malem. Entar kalo saya kerja pagi kan jadi malu".

Inilah adalah kronologi singkat kejadiaannya. Saya dan temen saya kerja di bagian RDO (Research dan Development Organization) atau istilahnya bagian desain, posisi sebagai staf. Bedanya saya bagian desain grafis, tugasnya bikin rumus mascot (sample) seperti bahan-bahan baku kacamata, sparepart yang digunakan, sampai perlengkapan assesoriesnya) dan desain atau rancangan gambar kacamata, sementara temen saya yang bagian ngerakit bentuk fisik desain yang saya bikin, buat dijadiin sample produksi. Di situ kerjaan saya dan temen saya atas instruksi manajer RDO atau disebut RDM. Dan pelaporan hasil kerja juga diserahkan ke manajer (RDM) saya. Setelah konfirmasi dengan PDM (Manajer Produksi) lalu diserahkan kepada Pimpinan Perusahaan.

Tanpa saya tahu, temen saya selain bikin sample atau maskot, ternyata juga bikin duplikat semua sample-sample tadi. Sehingga sample yang seharusnya dibikin satu lusin justru dibikin menjadi tiga lusin. Semua bahan baku (seperti kawat silver dan plat silver, sebagai bahan dasar bikin bingkai frame), spare part (engsel kaki,spare part alis, spare part hidung, baut, sarung kaki), kaca  frame, proses pencucian, proses pewarnaan, sampai masuk Assembling dan Finishing dikerjain sampe kelar, ngga ada yang curiga sama sekali. Soalnya semua bagian kantor, karyawan, sampai security sudah tahu memang itu kerjaannya.

Setelah semua sample jadi dengan lancar, melalui pengawasan bagian QC (Quality Control) dan disetujui oleh Manajer saya (RDM), Manajer Produksi (PDM) serta Pimpinan Perusahaan, diam-diam dia ngumpetin hasil duplikat sample-sample tersebut dari pengawasan QC. Ngga ada yang tahu, bahkan lolos dari pemeriksaan security, semua duplikat dibawa ke luar pabrik dengan aman, dan dijual ke toko-toko optik yang jauh dari perusahaan dengan harga mahal, karena termasuk kaca mata jenis fashion/mode. Karena emang barangnya juga desain perdana, ngga bakalan ada di pasaran manapun. Itulah nilai jual yang ditawarin. Satu, dua, tiga, sampai beberapa kali, aksinya bisa lolos dari pemeriksaan security. Tanpa saya duga sama sekali, ternyata temen saya yang satu lagi juga ikut beraksi. Bedanya kalo yang satu nyolong kacamata, kalo yang ini nyolong mesin-mesin buat ngerakit kaca mata. Saya ngga abis pikir, dia kan gajinya lebih gede dari temen-temen satu bagian desain (RDO). Maklumlah, selain dia masih satu warna kulit sama bos (oriental), dia juga pindahan dari perusahaan marketing (pemasaran), yang masih satu cabang sama kantor produksi.

Denger-denger cerita di luar pabrik, lama-lama perusahaan curiga ada yang ngga beres. Beberapa bahan baku dan mesin banyak yang raib. Dari seorang sumber berita. akhirnya perusaahaan minta bantuan aparat dan beberapa karyawan terpercaya buat jadi mata-mata. Dari situlah kemungkinan kasus-kasus pencurian mulai terkuak. Ada temen sendiri yang ngebocorin, soalnya dia mata-mata dari perusahaan yang dikasih gaji plus. Di luaran sana, deket warung, temen saya kejebak mata-mata polisi. Sewaktu dia lagi nawarin kacamatanya ke itu orang, ternyata itu orang adalah mata-mata polisi. Akhirnya tertangkaplah temen saya. Padahal temen saya baru seminggu nikah. 

Terus gimana nasib Manajer saya (RDM)? Dia tampak shock banget, malu, sekaligus marah besar. Gimana ngga malu plus marah, dua stafnya dari 5 staf, kena kasus hukum. Apalagi yang satu staf kepercayaannya juga bisa dibilang kepercayaan perusahaan. Saya sama ke dua temen lainnya juga kena interogasi oleh manajer saya. Saya harus bicara sejujur-jujurnya, apakah saya terlibat atau engga, apakah saya tahu semuanya atau engga? Jika bicara jujur, maka saya akan dilindungi oleh manajer saya. Tapi kalo sampe ngga jujur dan ketahuan terlibat, Manajer saya ngga bisa ngelindungin. Tanpa keberatan dan karena saya juga ngga merasa bersalah, maka saya bicara apa adanya. Saya ngga terlibat sedikit pun, bahkan ngga tahu soal pencurian ini. Meskipun dia sering main ke tempat kos saya, tapi dia ngga pernah cerita soal colong menyolong itu.

Ada satu hal yang saya ajukan dengan pertanyaan balik ke Manajer sekalian untuk saya mintai pendapat. Biar semuanya jelas. Saya bilang, dia pernah pinjem duit ke saya, dia janji mau ngebalikin duit tepat waktu. Pas waktunya bayar, ternyata dia ngga ada duit, akhirnya dia nawarin kaca mata, buat ngegantiin duit yang ngga kebayar. Harga kaca mata itu lebih dari duit yang dia pinjem. Kalo mau dijual sisanya ambil semua. Tapi ternyata kaca matanya hasil nyolong dipabrik, sementara dugaan saya itu kacamata beli di koperasi pabrik. Nah apakah dengan cerita ini saya bisa dikatakan terlibat atau ngga? Akhirnya bos/manajer saya memaklumi. Dan saya pun bekerja seperti biasanya. Alhamdulillah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahasa Jawa Dialek Magelangan

Dikontrakan, Di kontrakkan atau Dikontrakkan?

Mengajar di LPK